Cara Mengatur Uang Bulanan yang Benar Agar Hemat dan Tidak Boros

Ayo kita menabung! Dengan menabung, bisa menjadi cara mengatur uang bulanan dengan baik. Barang siapa yang rajin menabung, maka pasti hidupnya akan beruntung.

Di saat semua orang tengah mengalami krisis akhir bulan atau tercekik masa sulit, orang yang menabung tidak lagi panik lantaran sudah memiliki dana yang cukup untuk menanggulanginya. Tidak hanya itu saja, tabungan menjadikan hidup seseorang lebih terarah dalam memenuhi kebutuhan harian.

Taukah kalian bahwa cara mengatur uang bulanan setiap orang berbeda-beda. Namun, acap kali orang-orang mengalami kesulitan mengelola keuangan. Untuk itu, kami bagikan kepada kalian beberapa langkah efektif yang dapat kita terapkan untuk mengelola uang bulanan.

Tips & Strategi: Cara mengatur keuangan bulanan

Baik bagi yang memiliki gaji kecil maupun gaji fantastis. Perhatikan dengan seksama ya!

cara mengatur keuangan bulanan, tips management keuangan, strategi mengelola keuangan,

1 Membuat List Pengeluaran

Bagimana jadinya apabila kalian tidak memiliki list pengeluaran bulanan? Kalian akan menjadi pribadi yang boros dan tidak dapat mengerem keinginan. Padahal dengan membuat daftar list, belanja bisa menjadi cara mengatur uang bulanan yang terbukti ampuh.

Selain itu, ketika kalian sudah terbiasa melakukan belanja bulanan, maka tidak akan ada lagi drama kehabisan beras dan sebagainya. Karena setiap kebutuhan telah menggunakan perencanaan yang matang.

Jika cara mengelola uang ini kalian abaikan, kemungkinan besar akan mendapatkan banyak kesulitan memenuhi berbagai keinginan.

2. Mengalokasikan uang dengan tepat

Belanja merupakan suatu kegiatan yang mudah dan menyenangkan apabila memiliki uang yang cukup. Bagi sebagian orang, belanja diklaim sebagai ajang healing atau penghilang stress.

Tidak hanya kaum hawa yang gila belanja, tapi kaum adam lebih gila saat berbelanja hanya saja tak terlalu tampak karena biasanya membeli sesuatu yang berdasarkan hobinya.

Sementara itu, belanja kebutuhan umumnya mereka lakukan dalam kurun bulanan. Akan tetapi, ada juga yang melakukannya per minggu. Kebiasaan belanja bulanan atau mingguan tentunya berkaitan dengan bagaimana cara mengatur uang bulanan.

Semakin mahir mengatur keuangan, semakin bebas hambatan langkah untuk belanja kebutuhan. Ada baiknya setiap tanggal penerimaan gaji, kalian melakukan pengalokasian uang bulanan dengan tepat.

Klasifikasikan antara uang untuk kebutuhan pokok, kebutuhan tak terduga, kebutuhan travelling, dana tabungan dan investasi.

Dalam hal ini, kalian bisa menggunakan metode 50, 30, 20. Salah satu metode mengatur uang yang terbukti ampuh untuk mengontrol keuangan kalian.

50 persen gaji gunakan untuk memenuhi kebutuhan, 30 persen gaji untuk memenuhi kebutuhan dan 20 persen dari gaji untuk investasi dan tabungan.

3. Membuat Catatan Keuangan

Kalian yang belum tau cara mengatur uang bulanan, buat catatan keuangan menggunakan buku khusus. Buku ini berisikan pemasukan dari gaji bulanan, transaksi uang keluar dan lain-lain.

Jangan anggap remeh pembukuan bulanan, dengan cara ini bisa lebih mudah melakukan pengendalian uang bulanan. Gunakan format debit, kredit, saldo supaya mirip dengan pembukuan pada perusahaan.

Taukah kalian bahwa mencatat uang bulanan bisa menjadi bentuk pertanggungjawaban untuk diri sendiri. Memang tidak akan ada yang menanyakan, akan tetapi setiap kali bertanya pada diri sendiri perihal apa saja yang sudah dibelanjakan maka akan terhindar daripada kebingungan.

Baca juga  Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Efisien dan Efektif

Pasalnya, sering kali yang sering merasakan hal ini saat jumlah uang tinggal sedikit. Alhasil bertanya-tanya kemanakah perginya uang tersebut.

4. Crosschek Dana yang sudah dialokasikan

Setelah membuat alokasi dana dengan tepat, crosschek kembali apakah tidak ada list bulanan yang terlewatkan. Tidak hanya itu, kalian dapat melakukan crosschek supaya dapat mengevaluasi bagian manakah yang membuat alokasi tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Misalnya sudah anggarkan untuk pengeluaran 3.000.000 rupiah per bulan. Namun, saat melakukan crosschek total pengeluaran bertambah 500.000 rupiah.

Ternyata ada pengeluaran yang tidak terencana tapi harus anda keluarkan. Sehingga pada bulan berikutnya dapat mengantisipasi langkah apa yang harus anda lakukan supaya hal serupa tidak terjadi lagi.

Atau bila memungkinkan, kalian mencari cara bagaimana agar mendapatkan tambahan uang supaya pengeluaran bulanan tidak over budget.

5. Manfaatkan Promo atau Diskon

Ternyata memanfaatkan promo bisa menjadi cara menatur uang bulanan yang paling mudah. Promo menarik ini bisa kalian dapatkan apabila berbelanja melalui pusat perbelanjaan modern.

Meskipun tidak semua barang yang kalian cari tengah promo, tapi promo dari beberapa barang cukup membantu merampingkan uang bulanan. Sederhana bila biasanya harga beras 10 kilogram 125.000 rupiah, namun berhubung awal bulan promo beli beras gratis sabun cuci piring.

Nah, apabila kalian jeli maka tidak hanya menemukan promo tapi juga diskon memperingati hari besar atau bagi member dengan minimal belanja.

Apabila harga minyak goreng 1 liter biasanya 14.000 rupiah, karena sedang diskon sehingga mendapatkan harga 3.000 rupiah. Lumayan bukan kalian hemat 3.000 rupiah.

Mungkin bagi yang tajir melintir menganggap remeh uang 3.000 rupiah.  Padahal bagi mamak-mamak sangat berharga, dengan 3.000 rupiah bisa membeli kebutuhan lain seperti garam, penyedap masakan dan sebagainya.

Coba perhitungkan jika ada lebih dari 5 barang yang sedang promo atau diskon. Tentunya akan diuntungkan dari anggaran yang telah kalian planningkan. Uang yang tersisa setelah promo atau diskon bisa dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

6. Minimalisir Penggunaan Kartu Kredit

Mengingat semakin canggihnya era teknologi, bisa belanja berbagai barang tanpa harus membayarnya di hari itu juga.

“Mana mungkin bisa belanja tapi gak pakai uang. Memangnya usaha bapakmu”. Mungkin sebagian orang akan melontarkan pernyataan tersebut.

Kendati demikian, belanja memang bisa kalian lakukan namun pembayarannya di kemudian hari menggunakan alat tipis, kecil dan canggih yang bernama kartu kredit.

Mulanya kartu ini dirancang supaya memberikan kemudahan atau keringanan bagi pengguna. Tapi siapa sangka bagi yang tidak bijak dalam menggunakannya justru bisa mencekik uang bulanan.

Hal ini dapat terjadi karena rasa tidak puas yang terus menerus menggerogoti pengguna kartu kredit. Alih-alih dapat membayarnya secara berkala, justru terus-terusan belanja hingga tagihan mencapai limit.

Batasi penggunaannya guna dapat mengatur uang bulanan dengan cermat.

7. Investasi, cara mengatur uang bulanan

Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui pentingnya investasi secara rutin setiap bulannya. Cara mengatur uang bulanan yang satu ini idealnya 20 persen yang tersisihkan dari gaji.

Selain mewujudkan pola keuangan yang hemat, investasi dapat kalian gunakan ketika keadaan darurat. Optimalkan penghasilan sesuai tujuan jangka panjang, waktu dan resiko dari investasi yang kalian lakukan.

Saat ini banyak sekali wadah yang dapat kalian pilih untuk investasi.

8. Membuat Tabungan Khusus, cara mengatur uang bulanan

Tabungan khusus itu perlu agar kalian mengatur uang bulanan menjadi lebih mudah. Tabungan khusus bisa menggunakan nama kalian, atau jika sudah menikah menggunakan nama anak.

Bila perlu, pilih Bank yang belum memiliki vasilitas Atm, Bank BMT misalnya sehingga tidak berkeinginan untuk menariknya.

Pastikan hanya kalian yang mengetahui adanya tabungan ini. Bila perlu jadikan sumber dana ini sebagai dana masa tua yang sejahtera.

9. Tidak Mengajak Anak ikut Berbelanja

Cara mengatur uang bulanan tentunya susah-susah gampang terutama bagi pasangan suami istri yang memiliki anak kecil. Saat turut berbelanja bersama, terpajang banyak camilan ringan, cokelat, permen dan minuman yang menggoda.

Baca juga  Cara Mencari Modal Usaha Paling Mudah Bagi Pebisnis Pemula

Sudah pasti buah hati akan meliriknya. Mustihali ada seorang Ibu yang tidak membelikannya. Belum lagi rasa segan terhadap pengunjung lain apabila si kecil mengamuk dipusat perbelanjaan.

Sehingga terjadilah over budget dari budget yang seharusnya. Itulah pentingnya untuk tidak mengajak anak saat berbelanja.

Lebih baik berbelanja seorang diri, atau mengajak teman yang juga hendak belanja bulanan.

10. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Kenapa harus menggunakan kendaraaan pribadi? Padahal menggunakan layanan antar lebih memudahkan belanja bulanan.

Yaps! Memang benar adanya, tapi taukah kalian bahwa menggunakan jasa layanan justru menambah estimasi pengeluaran. Kalian harus membayar jasa yang sesuai.

Misalnya jasa layanan yang kalian gunakan adalah taxi, bayangkan betapa besarnya tarif taxi yang harus kalian bayarkan. Belum lagi apabila barang di toko A tidak tersedia, otomatis harus mencarinya di toko lain.

Alhasil ongkos semakin membengkak. Jauh berbeda ketika menggunakan kendaraan pribadi. BBM sudah full dibeli dengan budget bulanan, mau pergi ke toko mana saja tidak akan menambah biaya sepeserppun.

Bukankah berhemat termasuk salah satu parameter cara mengatur uang bulanan yang apik?

11. Membeli Perhiasan Emas

Berhias sambil menabung menjadi semboyan toko emas dari dulu hingga sekarang. Hampir setiap orang menyukai perhiasan emas.

Mengingat fungsinya tidak hanya untuk menunjang penampilan, tapi juga bisa digunakan sebagai tabungan yang bisa menjualnya kapan saja ketika membutuhkan.

Walaupun harga jual dan harga beli tidak sama, tapi potongan dari penjualan perhiasan emas tidaklah besar. Hanya 20.000-30.000 tergantung kondisi dan kadarnya.

Wah menyenangkan sekali ya menggunakan cara mengatur uang bulanan yang satu ini. Kalian bisa menyisihkan 20 persen dari penghasilan bulanan.

Apabila kalian lakukan secara rutin, tidak hanya hemat uang bulanan saja tetapi bisa menjadi juragan perhiasan emas.

Bahkan dengan adanya simpanan perhiasan ini, kalian bisa menjualnya kemudian mengalokasikan untuk membuka usaha kecil-kecilan seperti berjualan minuman kekinian.

12. Menurunkan Gengsi, cara mengatur uang bulanan

Benar kata orang “hidup itu murah, yang mahal itu gengsi”. Kalimat mutiara ini kerap muncul pada beranda media sosial. Padahal cara mengatur uang bulanan tidak akan berjalan lancar apabila kalian mementingkan gengsi.

Semakin besar gengsi seseorang, semakin besar pula pengeluaran bulanannya. Bagaimana tidak, ada iphone keluaran terbaru lantas ingin segera mengganti iphone lama, padahal masih berfungsi dengan baik.

Ada model baju dari artis idola yang baru launching, bergegas memborongnya padahal tidak terlalu penting. Bahaya sekali hidup menggunakan takaran gengsi. Banyak dampak negatif yang akan timbul terutama masalah keuangan.

Kurangi gengsi kalian, beli sesuatu yang sewajarnya saja. Bila hanya sebuah keinginan, urungkan niat untuk membelinya. Idealnya kalian harus mulai membiasakan diri hidup minimalis.

Ingat, hidup minimalis bukan berarti hidup pas-pasan, melainkan memenuhi kebutuhan sesuai porsi kebutuhan. Selain lebih mudah menekan pengeluaran, kalian bisa hidup lebih bahagia.

13. Pilih Frozen Food, cara mengatur uang bulanan

Sebenarnya tidak hanya frozen food saja yang memudahkan kalian mengatur uang bulanan. Membeli makanan yang tahan lama bisa menghemat uang bulanan.

Beberapa frozen food yang umumnya tersedia antara lain, sosis, nugget, bakso dan lain-lain. Sedangkan makanan kaleng bisa menjadi tambahan karena lebih tahan lama.

Perhatikan tanggal kadaluwarsa pada setiap kemasan supaya lebih aman untuk kalian konsumsi.

14. Ikut Arisan, cara mengatur uang bulanan

Cara mengatur uang bulanan yang satu ini sering digunakan oleh mamak-mamak yang mana kerap menyisihkan uang bulannya. Arisan yang dimaksudkan adalah bukan yang harus diadakan di cafe sambil makan-makan bak anak kekinian.

Bukan pula yang harus datang ke rumah lalu menghidangkan beragam makanan. Arisan yang bisa kalian ikuti hanyalah sekedar menyerahkan dan menerima uang.

Baca juga  Cara Mengatur Keuangan Bisnis atau Perusahaan Paling Baik dan Benar

Nantinya kalian akan membayarkan sejumlah uang tiap bulannya. Jumlah anggota yang ikut arisan bervariatif, ada yang terdiri dari 10 orang bahkan lebih.

Uang arisan yang akan kalian dapatkan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebagian lagi kalian simpan sebagai tabungan jangka panjang.

15. Hindari Pinjaman, cara mengatur uang bulanan

Memiliki pinjaman menjadikan seseorang kesulitan mengelola keuangan. Bagaimana bisa uang yang harus keluar untuk membayar pinjaman jauh lebih besar dari kebutuhan pokok tiap bulan.

Hindari pinjaman bagaimanapun caranya. Jangan mudah terbuai dengan iming-iming tanpa DP dan bunga yang ringan. Pinjaman jenis apapun akan menyulitkan kalian dalam mengatur keuangan.

Sekalipun ingin melakukan pinjaman, bisa melalui orang lain yang kenal dekat dengan kalian.

Selain itu, berurusan dengan instansi atau Bank cukup rumit. Jika tidak mampu membagi-bagi uang bulanan, cicilan tertunda, bunga meningkat dan bisa menyita jaminan yang kalian gunakan.

16. Bawa Bekal Saat Bepergian

Adakah yang bersedia membawa bekal saat bepergian? Tidak mudah untuk melakukannya, tapi dapat kalian gunakan sebagai cara mengatur uang bulanan yang cukup efektif.

Dengan adanya bekal, kalian tidak akan mengeluarkan banyak uang untuk membeli makanan-makanan yang ada di luaran. Khususnya saat pergi tamasya dengan keluarga.

Apabila dalam satu keluarga terdiri dari 6 anggota keluarga, itu artinya menghemat sebesar 120.000 ribu apabila harga makanan 20.000 rupiah.

Belum termasuk minuman yang biasanya dibandrol dengan harga 10.000 sampai 15.000 rupiah. Bandingkan dengan makanan dan minuman yang kalian bawa dari rumah.

Sudah cukup mengenyangkan bagi 6 orang bahkan lebih. Saat kalian bisa menerapkan hal ini setiap kali bepergian, uang bulanan dijamin aman tanpa kekurangan.

17. Membawa uang secukupnya ketika bepergian

Cara mengatur uang bulanan yang selanjutnya masih ada hubungannya dengan bepergian. Ada baiknya membawa uang secukupnya saat kalian pergi ke suatu tempat.

Seandainya membawa uang terlalu banyak, jiwa-jiwa lapar mata bisa memanggil kalian kapan saja. Lapar mata ini lebih sering terjadi saat melihat barang-barang yang tidak berdasarkan kebutuhan, melainkan keinginan.

Harga dari barang yang sesuai keinginan jauh lebih menguras dompet. Jangan sampai menyesal setelah uang habis. Pikirkan dengan cermat setiap kali hendak membeli sesuatu.

Tanyalah kepada diri sendiri berkali-kali apakah barang tersebut benar-benar kalian butuhkan atau tidak.

18. Lakukan Banding Harga

Cara mengatur unag bulanan dapat kalian lakukan dengan  melakukan banding harga antara toko yang satu dengan toko yang lainnya. Tidak perlu takut melakukannya, sebab mengechek harga bukanlah hal yang memalukan dan merugikan.

Justru semakin rajin melakukan perbandingan harga, akan sangat menguntungkan bagi keuangan bulanan kalian. Walaupun hanya beda seribu dua ribu, jika belanja dalam jumlah besar teramat meringankan pengeluaran bulanan.

Apakah banding harga harus dilakukan secara langsung? Jawabannya tentu saja tidak. Kalian bisa mencari informasi harga melalui internet, media sosial dan sebagainya.

Jika sudah berlangganan dengan beberapa toko, simpan nomornya agar sewaktu-waktu ketika harga barang-barang kebutuhan sedang murah maka kalian bisa menghemat pengeluaran bulanan.

19. Belanja dengan jumlah Banyak

Membeli barang dalam jumlah banyak bisa menjadi alternatif stock bulanan sekaligus agar jauh lebih hemat. Berbelanja dalam jumlah lusin atau kodi, umumnya dipatok dengan harga yang lebih murah ketimbang membeli dalam jumlah satuan. Pastikan memperhatikan usia penyimpanan barang yang memiliki estimasi jangka panjang.

Itulah tips dan strategi tentang cara mengatur uang bulanan agar hmat, tidak boros, serta leih efektif dan efisien. Semoga bermanfaat. Jangan lupa tuliskan bagaimana pendapat anda di kolom komentar.

Gambar Gravatar
Saya seorang content writer berpengalaman lebih dari 10 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *