Cara Mengelola Keuangan Toko Kelontong agar Semakin Untung

Keuangan toko kelontong adalah aspek yang tak luput dari peninjauan. Tujuannya sudah jelas agar mengetahui dengan baik apakah keuangan mengalami kerugian atau justru sebaliknya. Bila kita perhatikan, pengaturan keuangan toko kelontong terlihat mudah dan sederhana.

Namun, nyatanya rumit. Hal ini terjadi lantaran pengusaha toko kelontong tidak mengetahui dengan baik cara mengelola keuangan. Sehingga barang banyak yang terjual, tapi jumlah kas penjualan yang terkumpul hanya sedikit.

Jika tidak segera tertangani dapat berdampak buruk pada keberlangsungan toko Anda.

Keuangan Toko Kelontong: Tips mengelola agar semakin untung

Untuk itu, ketahuilah cara mengelola keuangan toko kelontong di bawah ini agar semakin untung.

Berikut penjelasan lebih jelasnya, simak ya!

tips mengelola keuangan toko kelontong, cara mengatur keuangan toko sembako,

1. Perhatikan Stok Barang

Hal utama yang harus Anda perhatikan agar toko semakin untung adalah stock barang yang mengendap di gudang. Jumlah stock barang yang terlalu banyak justru membuat cash flow toko terganggu. Oleh karena itu, sesuaikan stock barang dengan minat konsumen.

Carilah stock yang dalam satu brand sudah mencakup secara keseluruhan. Misalnya saja sabun mandi, sediakan stock sabun yang paling banyak peminatnya. Kemudian, dalam satu produk sudah memiliki varian warna dan aroma yang berbeda-beda.

Contoh lainnya bisa Anda lihat pada produk mie instan. Biasanya supplier memperbolehkan mengambil 1 dus dengan berbagai varian. Apabila terdapat 40 buah dalam 1 dus, Anda bisa meminta pembagian rasa yaitu 20 buah mie goreng, 10 buah mie rebus rasa soto dan 10 buah mie rebus rasa rendang.

Selain itu, amati dengan teliti jenis produk mana yang paling laris. Sehingga Anda dapat stock satu dus terdiri dari satu varian. Jangan salah kaprah dalam memenuhi stock barang, jika melakukan stock barang dengan tepat maka untungnya juga tepat.

2. Hanya Pembayaran Tunai

Meskipun usaha terbilang kecil-kecilan, hanya berikan sistem pembayaran tunai saja. Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan keuangan toko kelontong Anda.

Sekalipun kerabat dekat atau tetangga sebelah rumah yang membujuk agar dapat membeli barang dengan cara hutang, tolak dengan bahasa yang baik dan sopan. Dengan begitu, perputaran modal serta laba rugi lebih mudah Anda koreksi.

Berbeda dengan pembelian secara kredit,  Anda akan kesulitan menghitung untung yang didapatkan karena uangnya tertahan, sementara Anda sudah harus mengeluarkan modal untuk belanja stock barang yang baru.

Sebenarnya sah-sah saja memberikan layanan kredit sesekali, namun pastikan memberikan tempo pembayaran sebelum batas restock barang.

Sebagai contoh, biasanya Anda restock barang setiap tanggal 5. Nah, konsumen yang ingin menghutang belanjaan harus membayarnya sebelum tangal tersebut. Apabila ragu-ragu dan tidak ingin menanggung resiko, sebaiknya hanya sediakan pembayaran secara tunai.

3. Lakukan Pembukuan dengan Tepat

Pembukuan keuangan toko kelontong harus Anda lakukan serapi mungkin. Walaupun tidak serapi perusahaan besar, setidaknya memiliki pencatatan yang jelas dan terstruktur. Sesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki atau bisa mempelajarinya dari orang lain yang sudi berbagi ilmu pembukuannya.

Pencatatan ini bisa dilakukan setiap ada barang masuk atau keluar. Tak lupa tambahkan kolom unit yang tersedia beserta keterangannya. Ada pula yang melakukan pencatatan setiap toko usai beroperasi supaya tidak terlalu merepotkan.

Baca juga  Cara Mencari Modal Usaha Paling Mudah Bagi Pebisnis Pemula

Tak lupa melakukan pengechekan apakah yang tercatat sudah sesuai dengan stok barang di toko. Kemudian, lakukan evaluasi berkala minimal satu kali dalam sebulan. Lebih praktisnya lagi, Anda bisa membeli buku kas keuangan toko kelontong di toko terdekat.

Bila mahir menggunakan teknologi, Anda bisa membuatnya menggunakan lembar excell yang di dalamnya sudah terdapat formula yang dapat digunakan untuk pencatatan.

4. Memenuhi Kebutuhan Konsumen

Toko sembako atau warung kelontong berdiri di tengah masyarakat untuk menyediakan keperluan dasar rumah tangga. Tentunya barang-barang yang dijual beraneka ragam. Mulai dari kebutuhan pangan, kebutuhan mandi dan sebagainya.

Hampir semua barang tersedia di toko kelontong. Hakikatnya salah satu cara untuk meningkatkan keuangan toko kelontong dapat ditentukan dari keberlangsungan toko tersebut. Apakah sudah mampu memenuhi kebutuhan konsumen secara keseluruhan atau sebaliknya.

Tidak muluk-muluk harus mendapatkan apresiasi langsung dari konsumen. Merasakan tidak ada komplain dari konsumen sudah lebih dari cukup. Itu artinya keuntungan toko bisa melesat setiap harinya.

Lakukan restock barang sesegera mungkin, terlebih jika barang tersebut paling laris di pasaran. Jangan menyia-nyiakan peluang emas ini, sedikit saja terlewatkan bisa turut mengurangi keuntungan yang Anda dapatkan.

Bila perlu miliki daftar list barang apa saja yang paling laris, lalu tempelkan pada tempat yang mudah Anda jangkau.

5. Gunakan Konsep Toko yang Unik

Pernahkah Anda mendengar bahwa sesuatu yang tampak berbeda akan lebih mudah diingat oleh siapapun? Tampaknya hal tersebut juga berlaku pada usaha toko kelontong yang tengah Anda perjuangkan.

Saat memutuskan membangun toko, miliki konsep yang unik, berbeda dan iconik supaya memiliki daya tarik tersendiri. Anda dapat memulai dari bentuk toko terlebih dahulu.

Umumnya bentuk toko hanya mengusung pola persegi atau persegi panjang, tapi kali ini tampilannya harus benar-benar berbeda. Desain bangunan yang menarik dan kekinian berpengaruh terhadap keuntungan loh.

Pasalnya masyarakat sekarang memiliki selera yang mengikuti perkembangan digital. Itu artinya bangunan toko bisa Anda buat lebih modern serta dilengkapi dengan beberapa ornamen. Sehingga saat berbelanja tidak hanya mendapatkan barang yang dicari tapi juga berswafoto.

Jangan sesekali meremehkan kekuatan dari setiap postingan konsumen. Apabila tempat Anda menarik, postingan tersebut dapat mengundang banyak pengunjung yang  awalnya hanya penasaran hingga akhirnya keterusan. Pada akhirnya keuntungan toko semakin meningkat.

6. Nama dan Logo Toko yang Menarik

Ketika membeli sesuatu atau mendatangi suatu pusat perbelanjaan, kita mungkin disuguhi logo toko yang menarik. Namun, saat berbelanja ke toko kelontong jarang sekali mendapati logo pada bagian depan toko.

Tidak ada salahnya tampil beda asalkan tetap pada koridornya. Lagi pula tidak hanya toko besar saja yang boleh menggunakan nama dan logo yang menarik. Toko kelontong sekalipun direkomendasikan untuk memiliki nama toko beserta logonya.

Manfaatnya sangat banyak sekali, tidak hanya sebagai daya tarik tapi juga mampu memberikan kesan pertama yang kuat dari konsumen.

Nama dan logo tidak perlu yang rumit, cukup simple namun penuh makna. Nantinya nama dan logo akan menumbuhkan loyalitas pelanggan yang beranggapan bahwa Anda adalah orang yang  dapat dipercaya lantaran memikirkan setiap detail kecil dari toko.

Selain itu, vibesnya mampu memberitahukan kepada kompetitor bahwa Anda berani tampil beda. Percayalah, cara yang satu ini terbukti ampuh mampu menjadikan toko kelontong semakin untung dari hari ke hari.

Kini keuangan toko kelontong Anda tidak merosot.

7. Penataan yang Rapi

Setelah memilih nama dan toko, mari kita beralih pada penataan barang dagangan yang seharusnya selalu rapi, bersih dan mudah ditemukan oleh pelanggan. Toko kelontong dengan konsep penataan yang benar pasti akan banyak orang yang suka.

Baca juga  Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Efisien dan Efektif

Mustahil ada pelanggan yang gemar berbelanja di tempat yang berantakan. Pastinya mereka akan mencari toko yang bersih dan nyaman. Apabila barang yang ada di rak berdebu, bisa saja mereka berpikiran barangnya sudah lama sehingga tidak akan membelinya.

Padahal hal tersebut terjadi karena kurangnya peninjauan kebersihan dari toko Anda. Gunakan lap berbahan kain lembut, sesekali celupkan pada air supaya membuat debu hilang serta kemasan produk tampak mengkilap.

Selain itu, Anda dapat sesekali melakukan terobosan dalam hal penataan barang. Cobalah kondisikan semenarik mungkin sehingga mampu mendorong daya beli.

Konsumen akan menyukainya karena lebih leluasa saat berbelanja. Anda bisa meletakkan barang yang sudah lama di rak atas dan barang yang baru datang di rak bawah.

Dengan begitu konsumen lebih mudah membedakan barang lama dan baru serta memudahkan penjualan barang yang sudah lama terlebih dahulu guna menghindari kerugian apabila barang kadaluwarsa.

Keuangan toko kelontong menjadi tidak aman apabila barang-barang sudah kadaluwarsa. Mau tidak mau Anda harus menyingkirkannya karena berbahaya bagi kesehatan konsumen.

8. Harga yang Lebih Murah

Salah satu indikator yang akan diperhatikan dengan baik oleh konsumen adalah harga yang Anda tawarkan. Umumnya kaum hawa cenderung membandingkan harga toko kelontong Anda dengan yang lainnya. Untuk itu, berikan harga yang lebih murah dari kompetitor.

Meskipun hanya selisih seribu atau dua ribu, tentunya akan menjadi pemicu yang efektif untuk menggaet pelanggan baru. Anda juga bisa memberikan harga khusus bagi yang berbelanja grosiran.

Semakin banyak grosiran yang Anda ambil, semakin banyak pula penawaran harga menarik yang bisa Anda berikan. Tidak perlu ragu melakukannya, hindari memikirkan kerugian di awal. Sebab mental pengusaha yang sesungguhnya harus bijak dan berani dalam mengambil keputusan.

Anda bisa mempelajari konsep dagang cina, keuntungan yang sedikit dari setiap produk akan lebih baik ketimbang meraup keuntungan yang maksimal tapi stock barang mengendap di gudang penyimpanan.

Konsep yang apik ini bisa berdampak positif pada keuangan toko kelontong Anda jika menerapkannya secara konsisten.

9. Harga Member

Sejauh ini mungkin belum banyak toko kelontong yang memiliki member card. Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba peruntungan ini. Toko kelontong juga layak memiliki member dan memberikan potongan harga bagi yang melakukan aktivasi member.

Anda juga bisa menyediakan buku khusus, meminta nama dan nomor whatsapp konsumen. Tujuannya apabila Anda tengah memberikan diskon atau sedang ada promo barang, bisa menginformasikannya melalui nomor yang tercatat pada buku.

Hal ini sering diterapkan oleh pusat perbelanjaan modern yang sekaligus ingin menjaga hubungan baik dengan konsumen. Selain itu, metode ini dalam praktiknya bisa mendapatkan value positif di mata masyarakat.

10. Pilih Distributor Terpercaya

Cara mengelola keuangan toko kelontong agar untung banyak yaitu dengan memilih distributor yang terpercaya. Barang-barang yang Anda dapatkan dari distributor harus benar-benar berkualitas dan original.

Selain itu, carilah agen yang memberikan harga terjangkau. Sebab apabila Anda mendapatkan harga yang relatif mahal, kemungkinan meraup untung yang besar sangat riskan sekali. Semakin kecil modal, akan semakin besar keuntungan yang Anda dapatkan.

Berbeda dengan harga modal yang tinggi, maka Anda akan kesulitan menentukan harga jual. Memasang harga terlalu tinggi pada toko kelontong tidak akan berhasil, karena konsumen akan mencari barang yang lebih terjangkau.

11. Gencarkan Promosi

Banyak sekali hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menggencarkan promosi. Tidak hanya aksi nyata dari mulut ke mulut, tapi saat ini sudah semakin mudah dengan hadirnya teknologi.

Hanya dengan media sosial, Anda dapat menjangkau banyak calon pelanggan bahkan dari luar wilayah tempat Anda tinggal. Jangan khawatir, apabila ada yang order maka Anda dapat mengirimkannya menggunakan ekspedisi yang ada.

Tak cukup itu aja, mulailah membuat banner yang terpasang di temat yang mudah terihat banyak mata. Biasanya banyak baner yang terpasang di tepi jalan, nah Anda bisa melakukan hal yang serupa supaya keuangan toko kelontong meningkat.

Baca juga  Masalah Keuangan Rumah Tangga yang Kerap di Hadapi Keluarga Muda

12. Stock Barang yang Lengkap dan Beragam

Sebisa mungkin, sediakan barang yang lengkap dan beragam. Jangan hanya menyediakan barang dari merek tertentu. Lebih bagus lagi jika toko kelontong Anda menyediakan barang dari merek yang langka tapi harganya terjangkau.

Misalnya saja detergen 5 kiloan dari malaysia. Nettonya lebih banyak, namun harganya lebih murah jika dibandingkan detergen lokal. Ini menjadi strategi untuk meningkatkan untung yang sangat tepat.

Lagi pula zaman sekarang harga barang mahal-malah, jadi saat ada barang yang lebih murah dan berkualitas sudah pasti langsung dipilih oleh konsumen.

Hati-hati ya, jangan asal mencari barang dengan harga murah. Sewaktu-waktu saat Anda kedapatan menjual barang murah dengan kualitas yang buruk, isu akan cepat menyebar di kalangan masyarakat. Tentunya Anda tahu apa yang selanjutnya terjadi.

Anda akan kesulitan mengembalikan kepercayaan pelanggan. Alhasil terancam gulung tikar. Tidak ingin memiliki nasi serupa bukan?

13. Jasa Pengantaran

Apakah dengan adanya jasa pengantaran mampu meningkatkan keuangan toko kelontong?  Melihat fenomena sekarang, di mana orang-orang banyak yang lebih suka berbelanja online ketimbang offline, kemungkinan besar fasilitas antar barang mampu mendobrak untung dua kali lipat dari biasanya.

Konsumen bisa menelepone Anda dan menyebutkan list barang apa saja yang mereka butuhkan. Kemudian pesanan akan Anda antar sampai depan pintu rumah. Lebih baik lagi jika Anda mampu memberikan jasa layanan antar secara cuma-cuma alias gratis sebagai salah satu bentuk promosi.

Bagaimana jika Anda juga orang yang mageran? Pastinya Anda harus memperkerjakan kurir yang jujur dan amanah. Tidak mungkin juga Anda membiarkan toko dalam keadaan kosong, bukan? Lebih baik memiliki kurir tersendiri satu atau dua orang sudah sangat mencukupi.

14. Daftarkan Toko Kelontong di Google Maps

Saat ini, google maps menjadi panduan yang kerap digunakan oleh masyarakat digital. Kemanapun itu, apapun tujuannya jika tidak ingin kebingungan akan menggunakan maps.

Tak jauh berbeda ketika sedang mencari toko kelontong yang lengkap dan harga terjangkau. Biasanya akan mengetikkan kata kunci toko kelontong, kemudian akan muncul beragam toko kelontong yang sudah terdaftar di google maps.

Anda bisa menjajal cara yang satu ini supaya keuangan toko kelontong terus bertambah dan untung. Caranya mudah, tambahkan daftar lokasi baru tanpa biaya tambahan.

Kemudian, pilih menu dan klik Add your business. Lengkapi deskripsi toko dengan lengkap, mulai dari nama toko, alamat, kontak yang dapat dihubungi dan lain-lain. Kemudian klik submit. Jika sudah mendapat persetujuan google, maka toko Anda akan muncul pada google maps.

15. Pelayanan yang Terbaik

Sejauh ini cara mengelola keuangan toko kelontong tidak pernah lepas dari pelayanan baik dari penjual. Maksimalkan pelayanan supaya konsumen merasa nyaman dan puas saat berbelanja.

Pelayanan yang ramah dapat Anda tunjukkan dengen berbagai cara, misalnya bersikap ramah serta senyum saat konsumen membuka pintu, menjelaskan produk jika mereka butuhkan, memberikan potongan harga apabila mendapatkan pelanggan baru dan sebagainya.

Anda dapat mengukur tingkat kepuasan konsumen ini dari keuangan toko kelontongg. Apabila mengalami kenaikan secara signifikan, maka sudah pasti 80 persen pelayanan Anda disukai oleh para konsumen.

Semoga selalu untung dan beruntung.***

Gambar Gravatar
Saya seorang content writer berpengalaman lebih dari 10 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *