Tips Jualan Sembako di Rumah agar Laris Banyak Pelanggan Setiap Hari

Artikel kali ini akan membahas seputar tips jualan sembako di rumah agar laris banyak pelanggan. Banyak yang beranggapan bahwa membuka jualan sembako yang besar membutuhkan modal yang besar. Padahal teori tersebut tidak sepenuhnya terbukti.

Tips jualan sembako di depan rumah agar cepat sukses

Tanpa modal yang besar sekalipun, usaha sembako bisa menjadi besar. Kok bisa? Yuk kepoin penjelasannya dibawah ini!

tips jualan sembako, cara berjualan sembako,

1. Memiliki keberanian bisnis sembako

Poin pertama yang harus kamu miliki adalah keberanian untuk segera membuka toko sembako. Segera eksekusi tips jualan sembako di rumah semaksimal mungkin. Sebab usaha yang akan sukses bukan hanya memulai dari wacana belaka.

Sebanyak apapun modal yang kamu miliki, tidak akan menemui titik kesuksesan jika tidak memiliki keberanian mulai berjualan sembako. Pada dasarnya mental pengusaha memang harus berani mengambil resiko dan menerima resiko.

Tanpa adanya nyali yang kuat, kamu hanya akan maju mundur tanpa ada tujuan yang jelas. Banyak sekali rintangan yang akan kamu jumpai, tidak hanya permasalahan internal tapi juga eksternal.

Apapun itu, tetaplah menjadi sosok pengusaha yang pemberani.

2. Modal jualan sembako seadanya

Berapapun kamu memiliki uang, langsung belanjakan apa saja kebutuhan yang hendak kamu jual tanpa harus menunggu memiliki modal yang besar.

Apabila sebagai pemula merasa kesulitan memilih barang apa saja yang akan kamu jual, sebaiknya mencari sumber referensi sebanyak mungkin untuk menggali lebih dalam kebutuhan yang banyak pembelinya.

3. Mengurus surat izin jualan sembako

Meskipun jualan sembako tidak melanggar peraturan yang berlaku, ada baiknya mengantongi surat izin usaha, minimal dari RT setempat.

Bila perlu mengurus SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan sebagaimana permendag 46 tahun 2009 pasal 4 ayat 1. Kehadiran surat ini menandakan bahwa uasaha yang kamu jalankan telah memenuhi syarat dan legal.

4. Menentukan lokasi jualan sembako

Tips jualan sembako berikutnya yaitu menentukan lokasi toko. Supaya lebih memudahkan kamu dalam mengkoordinir, ada baiknya jualan sembako di depan rumah. Manfaatkan lahan depan rumah yang masih luas.

Rencanakan sebaik mungkin bagaimana konsep yang akan kamu gunakan. Perhatikan desain dari warung, apakah ingin membuat model sederhana atau kekinian. Tentukan pula seberapa besar ukuran dari toko sembako.

Kemudian, pilih cat yang cerah supaya mendatangkan daya tarik tersendiri. Tambahkan nama toko beserta logo yang unik dan mudah mengingatnya. Singkat saja namun memiliki makna yang terkandung di dalamnya.

5. Riset harga jual beli sembako

Setelah mendapatkan lokasi yang terbaik, tips jualan sembako yang bisa membantu usaha kamu adalah melakukan riset harga sembako.

Tidak mungkin kamu langsung memborong semua barang tanpa melakukan riset. Kunjungi beberapa distributor terpercaya untuk melakukan perbandingan harga.

Sebagai contoh, di toko A harga beras 10 kg sebesar 115.000, sedangkan di toko B harga beras dengan berat yang sama dihargai 113.000 rupiah. Meskipun hanya selisih 2.000 rupiah, namun hal tersebut sangat berarti bagi penjual sembako.

Baca juga  Cara Beli Sembako Langsung dari Pabrik Agar Murah Untung Besar

6. Tentukan target pasar

Pelanggan merupakan oknum yang melakukan pembelian secara terus menerus pada usaha yang kamu jalankan. Kehadirannya memberikan sumbangsih yang besar. Semakin sering berbelanja, maka semakin cepat produk terjual.

Kendati demikian, akan banyak cuan yang bisa kamu kantongi. Apabila target kamu adalah anak-anak, perbanyak produk kesukaan mereka di antaranya permen, cokelat, mainan, minuman, es, snack, dan sejenisnya.

Sedangkan jika target kamu dari semua kalangan, baik itu anak-anak, muda maupun tua, kamu bisa menyediakan beragam kebutuhan selayaknya bumbu dapur, tepung, sendal jepit dan masih banyak lagi lainnya.

Pahami sebaik mungkin siapa saja yang menjadi sasaran kamu. Pastikan memiliki stock yang cukup supaya pembeli tidak meragukan kesungguhan kamu dalam menyediakan kebutuhan mereka.

7. Membuat list barang produk sembako

Pembuatan list barang-barang yang akan kamu jual menjadi tips jualan sembako yang tidak boleh kamu remehkan. Apabila ingin memiliki banyak pengunjung, tentunya harus menyediakan barang yang bervariasi.

Lakukan pencatatan barang yang paling banyak peminatnya, di antaranya beras, minyak, gula, kopi, susu, perlengkapan mandi, perlengkapan mencuci, aneka snack, minuman dan sebagainya.

Beberapa warung sembako mendapatkan penghasilan tinggi dari jualan r0k*ok. Mengingat dampak yang timbul akibat r0k*ok sangat berbahaya, maka sebaiknya kamu tidak tergiur untuk menyediakannya.

Jual saja barang-barang sembako yang memang memberikan segudang manfaat bagi para pembeli.

8. Membuat layout ruangan toko sembako

Bagaimana sih cara membuat warung sembako tampak luas? Caranya dengan membuat layout ruangan yang tetap. Hindari ruangan yang memiliki banyak sekat-sekat karena membuat warung sembako tampak lebih sempit.

Pilih rak terbuka, kemudian susun barang secara vertikal dan horizontal tergantung bagaimana bentuk dari barang yang kamu jual. Lalu, kelompokkan barang sesuai jenisnya agar memudahkan pembeli menemukan barang yang mereka cari.

Sementara itu, barang harian letakkan pada bagian depan dekat kasir seperti kebutuhan dapur, permen, cokelat dan snack, untuk menarik perhatian pembeli terutama anak-anak.

9. Memperhatikan pencahayaan toko sembako

Malas rasanya mengunjungi warung sembako yang minim pencahayaan. Meskipun hanya warung tapi lebih memerhatikan pencahayaan yang mereka gunakan.

Lampu yang berwarna kuning atau hijau justru membuat suasana warung semakin suram. Untuk itu, gunakan lampu yang cahayanya tidak terlalu terang atau silau.

10. Perhatikan kebersihannya setiap saat

Warung sembako banyak orang mengklaim ala kadarnya. Untuk itu, di zaman yang semakin mengalami perkembangan ini sudah harus berbenah menciptakan warung yang lebih mirip dengan minimarket modern.

Demi kenyamanan bersama, sediakan tempat sampah di sekitar area supaya warung bebas dari sampah. Tidak perlu tempat sampah yang mahal, dari  drum bekas sekalipun bisa kamu manfaatkan sebagai tempat sampah.

11. Mengutamakan kualitas produk sembako

Produk atau barang merupakan komponen penting yang harus kamu perhatikan ketika berjualan. Dengan mengedepankan kualitas, itu bisa menjadi tips jualan sembako yang paling unggul serta mendatangkan banyak keuntungan.

Lakukan pemilihan produk secara teliti, jangan asal menemukan yang murah padahal kualitasnya mengecewakan.

Supaya bisa memenhui kepuasan pembeli, selalu lakukan pengechekan masa kadaluwarsa dari setiap produk.

Apabila kecolongan menjual produk yang sudah tidak layak, tidak hanya merugikan pembeli tapi keberlangsungan usaha ikut terancam.

12. Memperhatikan perkembangan toko sembako

Dengan memperhatikan perkembangan toko setiap minggu atau setiap bulannya bisa menjadi tips jualan sembako yang paling ampuh. Apabila jualan sembako mengalami peningkatan secara terus menerus, itu artinya jualan aman terkendali.

Akan tetapi, apabila mengalami kemerosotan bisa menjadi permasalah serius yang harus segera kamu tangani. Kamu harus lebih teliti, sebab kesalahan tanpa sadar biasanya terjadi pada financialnya.

13. Perhatikan keuangan toko sembako

Keseringan penjual tidak dapat mengelola keuangan dengan benar. Tak ayal ada yang menggunakannya untuk kepentingan pribadi. Alih-alih akan kamu kembalikan dalam waktu dekat, uang justru ludes tanpa bisa mengembalikan modal yang telah kamu keluarkan.

Sebenarnya lumrah saja jika ingin menggunakan uang tersebut, terlebih kamu bertindak sebagai pemilik. Namun, sebaiknya langsung mengembalikan uang yang telah kamu gunakan jika usaha ingin survive.

Baca juga  Cara Mengelola Toko Online Paling Benar agar Makin Laris & Sukses

Jangan sesekali mengabaikan tips jualan sembako yang satu ini. Bagaimanapun keuangan jadi penentu utama keberhasilan sebuah usaha.

14. Perhatikan jam buka jualan sembako

Menentukan jam buka tidak boleh sembarangan. Tips jualan sembako kali ini berkaitan dengan kepuasaan pelanggan.

Supaya dapat memaksimalkan keuntungan, bukalah sejak pagi hingga malam hari sampai pukul 21.00 wib. Pemilihan waktu ini juga membantu pelanggan mengetahui pola penjualan kamu nantinya.

Jadi, pelanggan tidak akan kecewa setiap kali hendak membeli sembako. Beritahukan jam buka kepada pelanggan, jika perlu tuliskan pada selembar kertas dan tempelkan pada pintu toko.

15. Promosi jualan sembako dari mulut ke mulut

Yang namanya promosi tidak harus selalu mengeluarkan uang. Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk mmepromosikan toko sembako yang baru saja kamu bangun.

Beritahukan kepada tetangga sekitar, bahwa kamu menyediakan sembako lengkap dengan harga yang terjangkau. Mintalah kepada mereka untuk turut mempromosikan kepada kerabatnya. Dengan begitu sembako akan ludes setiap harinya.

Taukah kamu, terdapat tips jualan sembako yang tak kalah ampuh yaitu mempromosikan toko sembako menggunakan media sosial yang terbilang sangat efektif.

Saat ini tidak hanya anak muda, tapi orang dewasa bahkan yang memasuki usia senja bermain media sosial. Facebook misalnya, menyediakan markatplace yang memudahkan kamu jualan sembako hanya dari HP.

Bahkan pihak platform tidak memungut biaya sepeserpun untuk bisa menggunakan layanan tersebut.

16. Tips jualan sembako secara online

Masih seputar media sosial, tips jualan sembako yang bisa kamu aplikasikan adalah jualan sembako secara online. Walaupun hanya warung sembako, tapi menjualnya secara online jauh lebih efektif.

Namun, ada baiknya memberikan minimal order agar tidak merugikan. Sebagai contoh, pembelian beras sebanyak 3 karung akan diantarkan sesuai alamat hanya dengan membayar ongkos kirim sebesar 8.000 rupiah.

Lakukan pembatasan wilayah pengantaran. Pastikan cakupannya hanya satu kelurahan saja. Alhasil kamu bisa memiliki lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penghasilan secara maksimal.

17. Berikan Diskon harga jual sembako

Tips jualan sembako yang tak kalah efektif dengan memberikan diskon kepada para pelanggan. Terlebih jika pelanggannya emak-emak, sudah pasti akan tergiur dengan diskon yang kamu berikan.

Tips ini dapat mempertahankan pelanggan dalam jangka panjang. Jika perlu, berikan bonus pada moment tertentu, meskipun hanya sirup 1 botol sudah teramat membahagiakan pelanggan.

18. Berikan pelayanan terbaik

Tidak ada yang betah berbelanja apabila mendapatkan pelayanan yang tidak sesuai. Apalagi pada saat pertama kali membeli sembako dari toko kamu, jika kamu bermuka masam sudah pasti kesan pertama yang akan kamu bisa menghilangkan satu pelanggan baru.

Berikan pelayanan yang terbaik, gunakan hati supaya bisa menyentuh hati mereka. Setiap kali pelanggan berkunjung, berikan senyuman yang manis, bertutur kata yang sopan serta tanyakan apakah ada yang bisa saya bantu.

Selain itu, berikan perhatian kecil seperti memberikan penjelasan mengenai beras yang rasanya lebih berkualitas dan sebagainya. Percaya tak percaya, pelayanan yang baik bisa mendukung tumbuh kembang toko sembako yang baru seumur jagung.

Semakin ramah kepada pelanggan, semakin berkembang usaha yang kamu jalankan. Sebab pelanggan adalah raja, maka raja akan pergi jika mendapatkan perlakuan yang kurang baik.

Begitulah pentingnya pelanggan bagi penjual. Tanpa adanya pelanggan, toko sembako bisa bangkrut dalam sekejap saja.

19. Mengetahui hambatan

Pembisnis yang hebat tidak hanya mengetahui tips jualan sembako yang terbaik dan paling efektfif. Banyaknya hambatan selama proses jualan sembako juga tidak dapat kamu kesampingkan begitu saja.

Kamu harus bisa menelaah hambatan dengan segera. Hambatan-hambatan dapat muncul dari banyaknya kompetitor dan menjamurnya usaha jual sembako, minimarket dan lain-lain.

Untuk itu, jangan menutup mata dari banyaknya kemungkinan yang ada.

20. Berani mencoba

Saat jualan sembako, tidak ada salahnya berani mencoba sesuatu yang berpotensi. Terutama jika kamu belum pernah mempelajarinya sama sekali, karena pada dasarnya belajar dan belajar sangat penting sekali untuk perkembangan toko sembako.

Baca juga  Produk Sembako Terlaris Wajib Anda Jual di Toko Kelontong

Kamu bisa melakukan inovasi-inovasi terbaru yang lebih menyesuikan dengan selera pelanggan.

Umumnya toko sembako di depan rumah hanya menghitung menggunakan kalkulator, kamu bisa membeli mesin khusus supaya tidak perlu lagi menghitung manual dan pastinya terlihat lebih kekinian, seperti halnya gaya hidup masyarakat di era digital.

21. Menguasai complaint handling

Apa itu complaint handling dan kenapa kamu harus menguasainya? Yang namanya jualan, tentunya watak dari setiap pelanggan tidaklah sama. Ada yang penyabar, ada yang tidak mau ribet, ada yang tidak suka menawar dan ada pula yang langsung marah apabila tidak mendapatkan kepuasan saat berbelanja.

Di sinilah perlunya complaint handling supaya tidak terjadi kesalahan saat terdapat beberapa keluhan dari pelanggan. Penanganan yang tepat bisa merubah sudut pandang pelanggan yang negatif menjadi positif.

Sementara itu bagi pelanggan, keluhan yang mereka keluarkan bisa menjadi akses atau kesempatan untuk menyampaikan saran, kritik dan melepaskan rasa ketidakpuasaan mereka.

Apabila ditinjau lebih dalam, sejatinya keluhan pelanggan tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Jangan merasa sepele hingga beranggapan akan banyak pelanggan baru ketika pelanggan lama tidak lagi membeli barang dari toko kamu.

Justru sebaliknya, keluhan yang mendapatkan balasan tidak tepat justru bisa menjadi boomerang.

Beberapa hal yang harus kamu miliki supaya menguasai complaint handling adalah menerima keluhan pelanggan dengan rasa sabar, mengikuti kemauan mereka selama masih batas wajar.

Gunakan bahasa yang tidak melukai hati pelanggan, memiliki kemampuan empati dan gunakan bahasa persuasif guna memberikan rasa tenang kepada pelanggan.

Kemudian, menindak lanjuti dan tidak memotong pembicaraan pelanggan.

22. Jadilah penjual sembako yang jujur

Sudah pernah dengar bahwa dunia ini tidak kekurangan orang cerdas, akan tetapi kekurangan orang yang senantiasa selalu berpegang teguh pada kejujuran.

Mungkin kamu berpikir apa hubungannya kejujuran dengan jualan sembako. Keduanya memiliki hubungan yang sangat erat, yakni apabila penjual tidak jujur maka pembeli banyak yang akan lari ke toko sembako lainnya.

Apabila barang yang kamu jual mengalami kerusakan, alangkah lebih baiknya memberitahukan secara gamblang kepada pelanggan.

Jika mereka tetap ingin membelinya, berikan harga yang lebih murah dari harga jual yang kamu berikan. Hal ini penting untuk kamu lakukan, supaya toko sembako kamu tidak dianggap melakukan penipuan.

Mengingat jualan sembako memiliki kompetitor yang tidak sedikit,  kamu harus memberikan perlakuan yang berbeda tentunya.

Sebagai contoh, tepung yang kamu jual ternyata berkutu lantaran kesalahan dari pemasok, maka berikan penjelasan kepada pelanggan bahwa tepung dalam kondisi berkutu, namun masih layak untuk digunakan.

Mintalah kepada mereka untuk menyaring terlebih dahulu, tidak lupa memberikan harga miring untuk membayar ketidakpuasaan mereka.

Dengan begitu tidak akan ada hal-hal buruk yang bisa menurunkan omset penjualan dan tetap bisa menjalin hubungan baik dengan pelanggan.

23. Lakukan pembukuan jualan sembako

Tips jualan sembako yang terakhir yaitu melakukan pembukuan toko sembako. Usahakan untuk mencatat sekecil apapun transaksi yang berlangsung.

Pembukuan ini akan memudahkan kamu untuk memantau status keuangan toko kamu, apakah mengalami keuntungan atau kerugian.

Data pembukuan ini juga menjadi acuan penting untuk melakukan pembenahan atau evaluasi. Setelah evaluasi kamu lakukan, usahakan untuk tidak mengulang hal yang sama.

Itulah tadi 23 tips jualan sembako yang kami bagikan untuk kamu yang ingin jualan sembako di rumah. Lakukan sebaik mungkin agar memiliki banyak pelanggan dari hari ke hari. Semoga berhasil.***

Gambar Gravatar
Saya seorang content writer berpengalaman lebih dari 10 tahun.